PELATIHAN APLIKASI CANVA BAGI GURU-GURU TPQ AL-ISTIQOMAH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI. 

Para dosen dari Fakultas Teknik Elektro (FTE) Universitas Telkom, Dr. Khaerudin Saleh S.Si., M.Si., Dr. Tito Waluyo Purboyo, S.Si., ST, dan M Darfyma Putra S.T.,M.T., bersama mahasiswa, berkolaborasi dengan masyarakat sekitar kampus Universitas Telkom untuk meningkatkan literasi digital bagi para pengajar anak usia dini. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru TPA Al-Istiqomah yang beralamat di Jl. Sukabirus No.30, Citeureup, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tujuan utama program ini adalah memberikan pelatihan tentang penggunaan media mengajar dengan Canva secara efektif, khususnya dalam pembuatan materi ajar untuk anak-anak usia dini. Dengan adanya program pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas digital para pengajar TPA Al-Istiqomah yang tentunya akan berdampak pada peningkatan kapasitas pengajar. Pelatihan ini diadakan di Masjid Al-Istiqomah yang berlokasi tidak jauh dari kampus Universitas Telkom pada hari Senin, 01/07/2024.

Kegiatan belajar mengajar berlangsung lancar dari pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB, dengan materi yang mencakup pembuatan bahan ajar yel-yel, do’a memulai belajar, dan pengenalan huruf hijaiyah untuk anak-anak. Sesi dimulai dengan tutorial, diikuti oleh para pengajar TPA Al Istiqomah, dan diakhiri dengan demonstrasi mengajar serta sesi tanya jawab dan diskusi.

Para guru TPA Al Istiqomah menerima kegiatan ini dengan antusias dan mengucapkan terima kasih. Mereka mengakui pentingnya penggunaan audio dan visual dalam menarik minat belajar anak usia dini. Dr. Khaerudin Saleh, salah satu dosen penyelenggara, menekankan pentingnya audio visual dalam pendidikan anak-anak saat ini. “Tujuan kami adalah memperkenalkan para pengajar TPA dengan alat ajar digital yang dapat menyediakan literasi digital yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan anak,” ungkap Dr. Khaerudin Saleh.

Program pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk tanggung jawab Telkom University terhadap pendidikan di lingkungan sekitar kampus, serta dedikasi untuk mendorong perubahan positif. Diharapakan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan memilik dampak jangka panjang.(mdu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *