Perancangan Dodge Game Menggunakan Scratch Junior Siswa-siswa SD
Dalam era transformasi digital saat ini, literasi teknologi menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dikenalkan sejak dini. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas), tim abdimasy dari Fakultas Teknik Elektro yang diketuai oleh Dr. Rita Purnamasari, S.T.,M.T. Â berinisiatif membuat modul pembelajaran coding yaitu “Perancangan Dodge Game Menggunakan Scratch Junior”. Modul ini ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar Sekolah Hamidah Sampurna, dengan tujuan menumbuhkan minat dan pemahaman awal tentang dunia pemrograman.
Scratch Junior adalah aplikasi pemrograman visual yang dirancang khusus untuk anak-anak usia 5–7 tahun. Melalui antarmuka yang sederhana dan intuitif, anak-anak dapat belajar konsep logika pemrograman tanpa harus menulis kode yang rumit. Mereka cukup menyusun blok perintah seperti puzzle untuk membuat karakter bergerak, melompat, atau berinteraksi dengan objek lain. Salah satu game yang dirancang dalam program ini adalah Dodge Game, yaitu permainan di mana karakter utama harus menghindari rintangan yang datang. Dalam proses pembuatan game ini, anak-anak belajar: Mendesain karakter utama sesuai kreativitas masing-masing. Membuat dan mengatur rintangan yang bergerak menuju karakter. Mengatur logika gerakan karakter agar bisa menghindar ke kanan atau kiri. Menyusun alur permainan, seperti sistem skor atau tampilan “Game Over” jika karakter menyentuh rintangan. Menambahkan suara dan animasi agar permainan lebih menarik dan hidup.
Melalui program Abdimas ini, anak-anak tidak hanya dikenalkan pada teknologi, tetapi juga diajak melatih kemampuan berpikir logis, kreativitas, dan problem solving. Selain itu, kegiatan ini juga mendekatkan kampus dengan masyarakat sekitar, memperkuat peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dan pemberdaya masyarakat.
Orang tua dan guru yang turut mendampingi juga mendapatkan wawasan baru tentang pentingnya pengenalan teknologi sejak dini. Banyak yang mengaku antusias dan ingin melanjutkan kegiatan serupa di sekolah masing-masing.
Program Abdimas ini merupakan salah satu bentuk nyata kontribusi Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia yang melek teknologi. Ke depannya, tim Abdimas berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan serupa dengan tema-tema kreatif lainnya, agar semakin banyak anak-anak yang terinspirasi untuk berkreasi dan belajar teknologi dengan cara yang menyenangkan.
Terakhir, berdasarkan hasil diskusi dengan pihak sekolah, menyatakan bahwa modul yang telah disusun seperti ini sangat bermanfaat bagi para guru yang dituntut agar dekat dengan teknologi dan digitalisasi. Hampir seluruh pihak sekolah puas dengan kegiatan ini karena materi yang diberikan oleh Tim dapat dipahami dengan baik. Sebagai penutup Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim dari Telkom University dan tim dari SHS Kabupaten Bandung melakukan diskusi pengembangan lanjutan dari modul pembelajaran coding for kids sambil makan dan foto bersama-sama.
Gambar : Kegiatan Abdimasy
E: [email protected] Telkom University Landmark Tower Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung 40257 Indonesia
Leave a Reply