FTE ROAD TO PIMNAS 2017

132 views

Bandung. PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan tahunan yang diadakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi. Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menyampaikan ide kreatifnya dalam berbagai bidang dan terpilihlah sebagian untuk didanai dan direalisasikan. Tahun ini, ada 10 proposal karya tim mahasiswa Telkom University yang berhasil lolos seleksi proposal dan didanai Kemenristekdikti. Hal yang membanggakan bagi Fakultas Teknik Elektro adalah semua tim tersebut berasal dari Fakultas Teknik Elektro.

Adapun judul usulan yang dibuat oleh mahasiswa Telkom University diantaranya, SIPKALI (Sistem Pendeteksi Kapal Menggunakan LIDAR) oleh Alvian Ibnu Burhan; SKRIPSI (Sistem Keamanan Terintegrasi RFID Jarak Jauh Dengan Raspberry Pi oleh Sherly Rahma Alfitri; KURSOR (Kursi Roda Sinya Otak Neurosky) untuk Tuna Daksa oleh Ariandi Fathur Rahman; Tempat Sampah Pintar Pemilah Sampah Organik dan Non Organik Otomatis Serta Berbasis IOT (Tempiot) oleh Robby Yanwar Setidi; PITON (Panic Button Untuk mengatasi kepanikan dengan segera) oleh Muhammad Reza; KAPAK (Kelas Pintar Anti Kecurangan) oleh Fajri Tsani Yutisiawanda; Kuda Liar (Kursi Roda Elektrik Kendali Suara) oleh Hendriadi Mukri; CAHAYA PERI (Cahaya Pengirim Informasi) Berbasis Visible Light Communication oleh Dwiki Kurnia; Smart Lamp-Fitting oleh Faishal Tahsiin, PRINTIS (Printer Internet of Things) oleh Fajree Novyantoro Restyawan

Untuk tahapan selanjutnya yang akan dijalani kesepuluh tim tersebut akan melaksanakan usulannya  serta dilakukan monitoring dan evaluasi baik internal Telkom University maupun dewan penilai dari Kemenristekdikti. Apabila memenuhi persyaratan penilaian, maka mereka akan diundang untuk berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2017 yang rencananya akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menyadari bahwa perlu adanya arahan, motivasi, dan apresiasi bagi kesepuluh tim tersebut, Fakultas Teknik Elektro mengundang mahasiswa dan dosen pembimbing tim PKM dalam koordinasi PKM 2017 di lantai 2 Gedung Deli, Jumat 17 maret 2017 lalu. Hadir pula dalam acara tersebut, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II Fakultas Teknik Elektro, Manajer Pengembangan Karakter dan Kegiatan Asrama beserta staf dan juga Tim Markas Koordinasi PKM 2017. Dukungan dan motivasi diberikan oleh Bapak – Ibu dosen yang telah berpengalaman membimbing tim PKM dan berhasil berlaga di ajang PIMNAS.

Acara ditutup dengan foto bersama dan juga penyerahan sertifikat kepada mahasiswa dan dosen pembimbing sebagai tanda apresiasi Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom atas prestasinya sebagai tim yang lolos seleksi proposal PKM dan didanai Ristekdikti. (Anjar-LAK FTE)

Editor: Ramdi – Sek FTE

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *