email : see@telkomuniversity.ac.id

Implementasi Aplikasi Android Untuk Sosialisasi Deteksi Dini dan Pengecekan Faktor Resiko COVID-19 Secara Mandiri di Fakultas Farmasi dan Teknologi Laboratorium Medik Institut Kesehatan Rajawali Bandung

Sebagai bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, kali ini Kelompok Keahlian Pengolahan Sinyal Informasi  yang diketuai oleh Ir. Rita Magdalena MT  dengan anggota R Yunendah Nur Fuadah ST MT, Ir. Jaspar  Hasudungan serta mahasiswa dari program studi S1 Teknik Telekomunikasi ( Revin Nauval, Muhammad Ilham Fauzi, Muhammad Adnan Pramudito dan Aldi Rivaldi ) mengadakan Pengabdian Masyarakat dengan mitra sasar Fakultas Farmasi dan Teknologi Laboratorium Medik Institut Kesehatan Rajawali Bandung. Untuk mendukung program pemerintah terkait edukasi, sosialisasi dan pencegahan penyebaran Covid 19 dengan menerapkan pola hidup sehat dalam program Pengabdian Masyarakat periode ini tim mengembangkan Aplikasi Monesco (Monitoring for Early Symptoms of Contracting Corona) dimana Monesco ini merupakan aplikasi berbasis android untuk deteksi dini dan pengecekan faktor resiko Covid-19. Aplikasi Monesco dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini secara mandiri agar masyarakat tidak langsung berbondong-bondong ke fasilitas kesehatan untuk memastikan terkena Covid-19 atau tidak. Monesco diharapkan dapat menekan penyebaran pandemi Covid-19 dengan cara masyarakat memonitor status kesehatan, melakukan aktifitas yang dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dan lingkungannya dari Covid-19 ini. Sebagai tahap awal untuk aplikasi Monesco akan diimplementasikan di Fakultas Farmasi dan Teknologi Laboratorium Medik Institut Kesehatan Rajawali. Aplikasi Monesco terdiri dari 3 Fitur Utama yaitu :

  1. Covid Self Checker.

Pada fitur Covid-19 Self Checker pengguna dapat melakukan deteksi dini Covid-19 berdasarkan gejala-gejala Covid-19 yang muncul, keluaran dari sistem ini adalah berupa saran terkait tindakan yang harus dilakukan oleh pengguna selanjutnya, apakah isolasi diri di rumah, ke puskesmas terdekat, atau harus ke rumah sakit rujukan. Dengan adanya fitur ini memudahkan pengguna dalam melakukan pengecekan mandiri secara berkala sehingga kondisi kesehatannya terpantau. Algoritma yang digunakan pada pengembangan fitur ini berdasarkan diagram alir terkait pemantauan status kesehatan dari Kementrian Kesehatan RI.

  1. Risk Covid Checker

Pada fitur Risk Covid-19 Checker, pengguna dapat mengetahui seberapa besar resiko pengguna tersebut terkena Covid-19 berdasarkan aktivitas yang telah dilakukan. Keluaran dari sistem ini adalah berupa kategori resiko terkena Covid-19 apakah resiko kecil, resiko rendah, dan resiko tinggi. Dengan adanya fitur ini diharapkan pengguna memiliki acuan aktivitas apa saja yang dapat meningkatkan resiko terkena Covid-19, sehingga pengguna dapat menghindari aktivitas tersebut dan menjalankan pola hidup sehat serta berhati-hati dalam melakukan aktifitas.

  1. About Covid 19

Pada fitur ini berisi sosialisasi terkait bahaya Covid 19 dan tips-tips pola hidup sehat untuk mencegah penyebaran Covid 19

 

Berikut tampilan aplikasi Monesco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian