email : see@telkomuniversity.ac.id

Pelaksanaan Seminar Nasional Microwave, Antena dan Propagasi (SMAP 2019)

Pada tanggal, 2 Oktober 2019 telah diselenggarakan Seminar Nasional Microwave, Antena dan Propagasi  (SMAP 2019)  di R. Multimedia, GKU Tongkong Nanas Lt.8, Universitas Telkom. SMAP merupakan seminar tahunan yang diagendakan oleh IEEE MTT/AP (Microwave Theory &Technique/ Antenna Propagation) Indonesia Section yang mencakup bidang Microwave, Antena dan Propagasi. Pada tahun 2019, SMAP diselenggarakan di Bandung dengan bekerjasama dengan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom.

Seminar dimulai Pukul 9.00 yang dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Elektro, Dr. Bambang Setia Nugraha. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa SMAP dapat menjadi ajang publikasi sekaligus komunikasi dan penjajakan kolaborasi antar pemerhati bidang Microwave, Antena dan Propagasi. Kemudian dilajutkan dengan Sambutan dari Prof. Eko. C Rahardjo dari Universitas Indonesia yang merupakan penggagas SMAP dan sekaligus mewakili IEEE MTT/AP Indonesia Section. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa SMAP sebagai suatu Seminar Nasional tetap penting untuk  dipertahankan dalam upaya membangun komunikasi antar pemerhati bidang microwave, antenna dan propagasi dan menjadi suatu ikon kegiatan ilmiah nasional ditengah banyaknya seminar internasional saat ini. Seminar SMAP 2019 diiukuti oleh 30 pemakalah dan dihadiri 70 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan praktisi.

SMAP 2019 mengambil tema “Peran dan Pengembangan Teknologi Radar untuk Pengelolaan Wilayah dan Lingkungan”. Pada Sesi pembicara utama, telah hadir tiga pembicara yang mewakili Industri bidang radar, Akademisi dan unsur Pemerintahan.  Dr. Adrian Andaya Lestari dari PT. Solusi 247 sebagai pembicara pertama memaparkan sejumlah pengalaman dalam pengembangan radar dan industri radar di Indonesia. Sejumlah penerapan konsep-konsep radar dan antena juga disampaikan dalam paparapannya. Kemudian Pembicara kedua adalah Prof. Dr. Adit Kurniawan dari ITB. Beliau memberikan paparan terkait pengembangan Antena yang merupakan komponen penting dalam suatu sistem Wireless. Beliau juga mendorong adanya kolaborasi antar institusi dalam pengembangan bidang microwave, Antena dan Propagasi.  Pembicara ketiga adalah Dr. Yuyu Wahyu dari P2ET LIPI. Dalam paparannya beliau menyampaikan sejumlah permasalahan kebutuhan sistem radar di Indonesia. Sesi presentasi parallel bagi para pemakalah dimulai Pukul 13.00 dan berakhir pada Pk.17.00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian