email : see@telkomuniversity.ac.id

Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Pembelajaran untuk Guru MA Al-Mukhlisin, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung

Blog merupakan suatu media yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Media blog dapat digunakan untuk bisnis, beropini bahkan berbagi ilmu pengetahuan. Dalam dunia pendidikan blog dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi dari guru kepada para muridnya. Karena blog bersifat online maka diharapkan para murid dapat mengakses pelajaran tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Untuk mengoptimalkan penggunaan blog di dunia pendidikan, Prodi Teknik Telekomunikasi dari Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom mengadakan Pengabdian Masyarakat bagi Guru MA Al-Mukhlisin yang berada di Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Pada kesempatan ini, peserta diberikan materi dan pelatihan pembuatan blog sebagai media pembelajaran.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 11 April 2020 menggunakan WhatsApp Group dan aplikasi Zoom. Kegiatan ini dilakukan oleh KK Pengolahan Sinyal Informasi (PSI). Dosen yang terlibat, antara lain: Hilman Fauzi T.S.P., S.T., M.T., Ledya Novamizanti, S.Si, M.T, dan Dr. Khaerudin Saleh S.Si., M.Si. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dihadiri oleh 25 peserta guru MA Al-Mukhlisin. Acara pelatihan dimulai pada pukul 08.00 WIB, yaitu para peserta menyimak dan mempraktekkan materi pada video pembuatan blog sebagai media pembelajaran yang dibagikan di grup WhatsApp Abdimas Al-Mukhlisin sehari sebelumnya. Kemudian pada akhir sesi, peserta yang sudah berhasil membuat blog diminta menuliskan alamat blog yang berhasil dibuat di halaman WhatsApp Group.

Gambar 1. Pembukaan dari Panitia di WAG

 

Gambar 2. Pemaparan Materi Blog Melalui Video Tutorial

Selanjutnya peserta menginstal aplikasi Zoom meeting pada HP ataupun Laptop untuk sesi tatap muka. Kemudian pada pukul 11.00 dilakukan pembukaan kegiatan oleh panitia dengan sambutan dari Bapak Hilman Fauzi T.S.P., S.T., M.T., selaku Ketua Panitia dan Bapak Deden Sihabudin G. M.Ag selaku perwakilan Kepala Sekolah MA Al-Mukhlisin.

Gambar 3. Sambutan dari Ketua Panitia Melalui Aplikasi Zoom

 

Gambar 4. Sambutan dari Kepala Sekolah MA Al-Mukhlisin

Gambar 5. Peserta Memposting Alamat Blog yang Telah Berhasil Dibuat

 

Gambar 6. Salah Satu Blog yang Dibuat oleh Peserta

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai materi blog sebagai media pembelajaran bersama Bapak Hilman Fauzi T.S.P., S.T., M.T. Pada sesi ini, ada beberapa peserta yang pernah mendengar bahkan mengetahui tentang cara membuat blog. Namun, banyak juga yang belum menggunakan atau memanfaatkannya. Pak Hilman memperkenalkan salah satu cara membuat blog yang praktis dan sederhana melalui aplikasi bloger. Peserta diberikan pengetahuan dasar dan contoh pembuatan blog untuk media pembelajaran. Pada sesi tanya jawab ini dibahas juga aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat blog selain bloger. Selanjutnya dibahas manfaat blog selain untuk media pembelajaran seperti berbagi opini, informasi, membangun profil bisnis sampai dengan penyalahgunaan blog sebagai media penipuan.

Gambar 7.  Sesi Tanya-Jawab dengan Aplikasi Zoom

Panitia juga memberikan doorprize kepada beberapa peserta yang antusias pada kegiatan pengabdian masyarakat ini. Sebelum acara selesai, beberapa peserta menyampaikan pesan kesannya terhadap Pengabdian Masyarakat yang telah diselenggarakan ini dalam google form yang disediakan panitia. Peserta menyampaikan terimakasih, karena adanya pelatihan ini dan merasa sangat terbantu dan meningkatkan efisiensi kerja. Semoga, dengan ilmu yang didapatkan ini, sekolah-sekolah MA dapat semakin maju karena memanfaatkan teknologi dengan optimal.

Gambar 8 . Peserta Pelatihan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian