email : see@telkomuniversity.ac.id

Pelatihan Peningkatan Pengajaran Jarak-Jauh Secara Daring Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 untuk guru-guru SMP N 25 Bandung

Dalam masa pandemi Covid 19 saat ini diperlukan kehati-hatian dan harus mematuhi protokol kesehatan. Penggunaan masker, tidak berkumpul dan menjaga jarak adalah langkah-langkah protokol kesehatan yang disarankan. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan seperti biasa. Pertemuan tatap muka di kelas menjadi tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Salah satu solusi agar proses belajar mengajar tetap bisa dilaksanakan adalah melalui metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).Perkembangan teknologi memungkinkan metode pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan metode online. Berbagai aplikasi pembelajaran jarak jauh tersedia, baik untuk pembelajaran yang bersifat sinkron maupun bersifat asinkron. Aplikasi yang sudah terintegrasi disebut Learning Management System. Jika tidak terdapat sistem yang terintegrasi, sistem pembelajaran jarak jauh bisa menggunakan beberapa aplikasi yang terpisah untuk saling mendukung sistem pembelajaran jarak jauh.

Dengan adanya pembatasan protokol kesehatan karena Covid19, mau tidak mau pembelajaran jarak jauh harus dilaksanakan dari tingkat SD, SMP, SMA sampai perkuliahan. Dengan demikian guru-guru sebagai ujung tombak proses belajar mengajar mau tidak mau harus mampu dan bisa melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh ini. Untuk itu Tim Dosen dari Fakultas Teknik Elektro yang terdiri dari bapak Budi Prasetya, bapak Dharu Arseno dan bapak Kris Sudjatmoko dibantu tim mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pengelolaan pembelajaran jarak jauh secara daring. Mitra sasaran pelatihan kali ini adalah guru-guru SMP Negeri 25 kota Bandung dengan jumlah kurang lebih 40 orang. Pelatihan sudah dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 selama 2 hari pada tanggal 29 dan 30 Juli 2020.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di sini menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia di jaringan internet seperti zoom-meeting, Google meeting, Google classroom, google drive, quizizz dan lain-lain. Diharapkan setelah pelatihan ini para peserta pelatihan mulai terbiasa dengan metode dan sarana pembelajaran jarak jauh secara daring dan ke depan mampu mengembangkan diri dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh.

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah:
1. Memberi wawasan bagi guru-guru mengenai metode pembelajaran jarak jauh secara daring.
2. Memberikan kemampuan bagi guru-guru SMP Negeri 25 kota Bandung untuk dapat menguasai dan menggunakan perangkat lunak aplikasi pendukung proses belajar mengajar secara daring.
3. Sebagai sarana positif untuk mengenalkan Fakultas Teknik Elektro Telkom University pada masyarakat luas.

Sehingga potensi pemberdayaan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut:
1. Sebagai sarana untuk membantu meningkatkan kompetensi guru-guru SMP Negeri 25 Kota Bandung menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung proses belajar mengajar
2. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar di lingkungan SMP Negeri 25 kota Bandung.

Foto-foto kegiatan dan kondisi masyarakat sasar

Dokumentasi Foto Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Dokumentasi foto peserta saat penutupan acara pengabdian masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian