email : see@telkomuniversity.ac.id

Pemanfaatan Toko Online (“Online Shop ”) sebagai sarana untuk peningkatan  transaksi jual-beli online untuk para karangtaruna dan usia milenial  di Desa Bojongsari Kec. Bojongsoang Kabupaten Bandung ”

Kegiatan Pengabdian Masyarakat PPM Tel U melalui prodi S1 TT Universitas Telkom telah melakukan kegiatannya di Bale Desa Bojongsari Kec Bojongsoang Kab Bandung, pada hari Jumat tanggal 10 Mei 2019. Kegiatan ini diadakan oleh tim dosen yang telibat (Efri Suhartono, Iswahyudi Hidayat, Linda Meilani) dan juga dibantu mahasiswa yang terlibat dalam acara tersebut. Ada 3 mahasiswa yang terlibat juga diantaranya Baiq yuniar yustiarini 1101184202, Lestari Rahma Hasanah 1101184073 dan Miftakhul Eza Alfandy, 1101184434. Acara tersebut disambut baik oleh pihak aparatur desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa Bojongsari, Bapak Andep, pernagkat desa yang lain dan pengurus kegiatan dari pihak Desa Bojongsari, yaitu Bapak Roky dan Bapak Mukhlis. Acara tersebut terselenggara juga karena di fasilitasi oleh rintisan PKBM desa Bojongsari.

Dalam sambutannya, pihak aparatur desa yang diwakili oleh Bapak Andep selaku sekretaris desa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus Universitas Telkom yang telah memberikan kegiatan yang sangat bermanfaat yaitu pelatihan Pemanfaatan Toko Online (“Online Shop ”) sebagai sarana untuk peningkatan  transaksi jual-beli online untuk para karangtaruna dan usia milenial  di Desa Bojongsari Kec. Bojongsoang Kabupaten Bandung. Materi tersebut kami angkat sebagai topik utama agar kegiatan abdimas ini dapat bermanfaat bagi banyak lapisan masyarakat, tidak hanya tertentu untuk kalangan aparatur sipil perangkat desa, tetapi langsung bisa dirasakan manfaatnya bagi semua  lapisan masyarakat. Pihak desa yang diwakili oleh sekretaris desa juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, disamping sifatnya yang gratis bagi peserta, disamping itu kegiatannya sangat bermanfaat bagi warga desa Bojongsari. Mudah mudahan kegiatan ini juga dapat berlangsunng berkesinambungan tidak hanya sekali waktu saja diadakan. Tetapi bisa ada pendampingan kegiatan dari pelatihan tersebut agar lebih bisa dipraktekkan oleh warga desa Bojongsari .

Kegiatan pelatihan ini juga dibantu dan dimotori oleh PKBM “itik kuri” sebagai sarana atau wadah  bagi kegiatan pembelajaran non formal di lingkungan desa Bojongsari. Nantinya dengan banyak dibantu dan difasilitasi oleh pihak PKBM dan dukungan dari pihak desa diharapkan dapat semakin mempercepat proses pembelajaran dan kegiatan yang berkesinambungan dari pihak kampus Universitas Telkom melalui kegiatan pengabdian masyarakat oleh prodi S1 Teknik Telekomunikasi.

Scaara geografis desa Bojongsari yang dekat dengan kampus, dalam satu kecamatan Bojongsoang daerah yang relatif tertinggal dari desa desa tetangganya. Dalam wilayah desa Bojongsari terdapat situ atau danau sebagai tampungan untuk Limbah air dari kotamadya Bandung.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditutup dengan pernyataan dari pihak kampus bahwa pihak kampus akan selalu berkomitmen untuk tetap memberikan pendampingan kepada seluruh lapisan masyarakat dan warga desa Bojongsari agar menjadi desa yang lebih maju dan berdaya secara ekonomi dan pengetahuan apalagi  dibantu dari pihak PKBM sebagai sarana pembelajaran non formal.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian