Pembuatan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa SLB Negeri Cinta Asih Soreang untuk Siswa SLB Negeri Cinta Asih Soreang

Memberikan pendidikan yang berkualitas untuk semua anak, terutama bagi anak-anak berkebutuhan khusus merupakan tantangan yang sangat berat. Hal ini terkait dengan semua komponen-komponen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang benar-benar harus dipersiapkan dengan baik. Peserta didik dengan tingkat kesulitan/kebutuhan yang berbeda, harus diberikan pelayanan pendidikan oleh tenaga pendidik yang memiliki sumber daya sebagai tenaga pendidik anak-anak berkebutuhan khusus dan sarana prasarana sebagai penunjang proses belajar pada sekolah berkebutuhan khusus tersebut. Salah satu jenis sisw yang ada di Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah siswa tuna grahita yang mengalami keterbelakangan mental atau juga disebut retardasi mental. Penyandang tuna grahita memiliki tingkat intelegensi yang rendah sehingga memiliki keterampilan berbicara lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Untuk itu dosen prodi S1 Teknik Telekomunikasi yang terdiri atas Bapak Dr.Istikmal, S.T., M.T., dan Arif Indra Irawan, S.T., M.T., menyelenggarakan Pengabidan masyrakat yang dilaksanakan pada:

Tanggal : 30 Mei 2022
Tempat : SLB N Cinta Asih Soreang
Judul : Pembuatan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa SLB Negeri Cinta Asih Soreang untuk Siswa SLB Negeri Cinta Asih Soreang

Apliksi PECS merupakan salah satu sarana untuk memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar yang kondusif sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran komunikasi siswa SLB berkebutuhan khusus. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan suasana santai untuk belajar sehingga kecemasan dalam berbicara berkurang. Selain itu, dengan memberikan banyak objek bergambar membantu mereka dalam proses penuyusunan sebuah kalimat dengan baik. Kedudukan Aplikasi PECS sebagai salah satu upaya mempertinggi proses interaksi guru dan siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *