email : see@telkomuniversity.ac.id

Pengadaan Wastafel Portable untuk Fasilitas Umum di Komplek Bandung Indah Raya

Telkom University, khususnya Fakultas Teknik Elektro, kembali melakukan pengabdian masyarakat dengan tema pencegahan penyebaran virus COVID-19. COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

Dengan semangat untuk kesehatan, 3 orang dosen dari Kelompok Keahlian Transmisi Telekomunikasi Fakultas Teknik Elektro Telkom University yaitu Hurianti Vidyaningtyas, Arfianto Fahmi, dan Vinsensius Sigit dan dibantu 2 orang mahasiswa membuat wastafel portable yang touchless yang akan diletakkan pada fasilitas umum di Komplek Bandung Indah Raya, Rancasari, Bandung.

Wastafel ini mampu menampung air sebanyak 40 liter, dengan keran dan wadah sabun yang dapat dinyalakan dan dimatikan tanpa disentuh (diinjak dengan pedal menggunakan kaki). Hal ini mendukung program cuci tangan yang digaungkan oleh pemerinta setempat untuk menghambat laju penularan virus COVID-19. Dengan sistem pedal sebagai “keran”, para pengunjung tidak perlu melakukan kontak langsung dengan wastafel ini, sehinggal wastafel ini dapat digunakan oleh banyak orang terutama warga sekitar yang sering menggunakan fasilitas umum tersebut.

Leave a Reply

EnglishIndonesian