email : see@telkomuniversity.ac.id

“Pengolahan Sampah Rumah Tangga RT 03 RW 17 Desa Lengkong Kec. Bojongsoang melalui Metode Tungku Pembakaran (Incinerator) dengan menggunakan Drum Bekas.”

Pada tanggal, 24 November 2019 telah diselenggarakan Pengabdian Masyarakat di RT 03 RW 17 Desa Lengkong Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Pengabdian Masyarakat ini bertemakan tentang pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, daur ulang, atau pembuangan dari material sampah. Biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau estetika. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam (resources recovery). Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat, cair, gas, atau radioaktif dengan metode dan keterampilan khusus untuk masing-masing jenis zat.

Incinerator mengurangi volume sampah hingga 95-96%, tergantung komposisi dan derajat recovery sampah. Ini berarti insinerasi tidak sepenuhnya mengganti penggunaan lahan sebagai area pembuangan akhir, tetapi insinerasi mengurangi volume sampah yang dibuang dalam jumlah yang signifikan. Solusi yang ditawarkan adalah membuat incinerator sederhana yang terbuat dari drum bekas dengan penanganan sisa hasil pembakaran incinerator.

 

Hasil darimemberikan informasi kepada masyarakat tentang penanganan sampah rumah tangga mulai dari memilah dan mengolah sampah yang baik menggunakan incinerator.

Respon peserta pengabdian masyarakat sangat baik terhadap kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan-kegiatan seperti ini, yang digagas oleh Universitas Telkom, dapat terus berlanjut dengan topik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian